Polres Langkat Sambut Semarak HUT TNI ke-78 Tahun 2023

Polres Langkat Sambut Semarak HUT TNI ke-78 Tahun 2023

topmetro.news Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH menghadiri kegiatan Kodim 0203 LKT dalam pelaksanaan upacara memperingati HUT TNI ke-78 tahun 2023 dengan mengusung tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” di Lapangan Asrama Kebun Lada Jalan T.Amir Hamzah Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai (05/10/23)

Sebagai bentuk jalinan sinergitas yang erat antara TNI dan Polri, Kapolres Binjai Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH turut hadir bersama PJU Polres Langkat dan juga Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen SIK beserta PJU.

Dalam kegiatan upacara HUT TNI ke-78, Dandim 0203 LKT Letkol Inf M. Eko Prasetyo menjadi Inspektur Upacara yang disaksikan oleh Forkopimda Kota Binjai serta seluruh tamu yang hadir.

Amanat dari Panglima TNI yang dibacakan oleh Dandim 0203 LKT, Panglima TNI menyampaikan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

“Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa. Dan juga tumpah darah telah berhasil di atasi dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan dan modernisasi kekuatan TNI saat ini tengah berlangsung secara bertahap. Hal tersebut akan terus berlangsung dalam rangka menjaga kesinambungan, sesuai dengan kemampuan negara.

“TNI harus terus melakukan adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir. Memberdayakan industri pertahanan global dengan memegang teguh semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri. Guna tercapainya postur TNI yang diharapkan. Selain itu, penguatan budaya strategis prajurit TNI harus tetap menjadi pagar serta fondasi utama dalam pertahanan. Yaitu TNI yang semakin profesional dan manunggal dengan rakyat. Sebagai bentuk perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (totaldefence system) yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah maupun sumber daya nasional lainnya. Untuk menegakkan kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa dan menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Usai membacakan amanat dari Panglima TNI kegiatan selanjutnya pemberian penghargaan kepada personil yang berprestasi. Kemudian selanjutnya pemotongan nasi tumpeng, pemberian bantuan sembako kepada para veteran dan Warakawuri. Serta Defile dari seluruh instansi Kota Binjai dan Kabupaten Langkat dan hiburan panggung prajurit.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment